30.3.14



Handphone : Nokia N8-00 
Location : home sweet home
Edit : PS CS3

Kue putu (dari bahasa Jawa, puthu [ puʈu ]) adalah jenis makanan Indonesia yang berupa kue dari butiran kasar tepung beras yang berisi gula jawa dan parutan kelapa. Kue ini di kukus dengan diletakkan di atas tabung bambu yang sedikit dipadatkan dengan disertai bunyi mirip peluit yang khas. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Biasanya kue putu ini dijual pada saat sore hari yaitu ketika matahari hampir terbenam sampai larut malam karena rasanya sangat cocok sebagai teman minum kopi maupun teh sambil bersantai.

Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau. Putih karena berasal dari tepung beras dan hijau karena diberi pewarna hijau alami yaitu daun pandan.

Sejumlah pedagang masa kini mengganti bambu dengan pipa PVC dengan alasan kepraktisan, meskipun dari segi kesehatan penggunaan PVC membahayakan.

Kue putu sendiri sudah merambah ke negara lain, seperti Singapura dan Malaysia, meskipun nama dan bentuk untuk kue ini sedikit berbeda, tetapi rasanya sendiri sama dengan kue putu tradisional Indonesia itu sendiri.

0 Comment:

Posting Komentar